Dzikir yang diajarkan Rasulullah ﷺ kepada Juwairiyah rodhiyallohu anha

Di malam Jumat yang penuh berkah dan penuh rahmat ini, Blog Islami akan membahas mengenai kalimat dzikir yang bagus untuk dijadikan sebagai amalan harian dengan cara dibaca dan dipahami maknanya. Bacaan dzikir singkat  ini bisa Anda rutin amalkan setiap hari setelah sholat shubuh dan sholat maghrib karena memiliki timbangan yang berat dan sangat besar.


Dzikir ini telah diajarkan oleh Rasulullah ﷺ kepada istrinya Juwairiyah rodhiyallohu anha ketika sedang berdzikir setelah menunaikan sholah shubuh yang dilakukan di rumahnya.


Suatu ketika Rasulullah ﷺ memasuki rumah beliau dan melihat istri beliau, Sayyidah Juwairiyah ra (radhiyallohu anha ) sedang berdzikir di tempat shalatnya. Padahal saat beliau Saw. menemuinya di pagi hari setelah shalat subuh beliaupun mendapati Juwairiyah Ra. sedang berdzikir. Maka Rasulullah ﷺ berkata kepadanya, "Engkau masih dalam keadaanmu seperti ketika aku meninggalkanmu (pagi tadi)?" Sayyidah Juwairiyah menjawab, "Benar Ya Rasulullah."


Maka Rasulullah ﷺ berkata kepadanya,


"Sungguh setelah keluar dari kamarmu tadi pagi, aku mengucapkan empat kalimat sebanyak tiga kali, akan tetapi seandainya ditimbang dengan apa yang telah engkau baca sepanjang pagi ini, niscaya kalimat tersebut akan lebih berat.


Kalimat itu adalah :


سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ عَدَدَ خَلْقِـهِ

وَرِضَـى نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِداَدَ كَلِمَاتِهِ


Subhanallahi wabihamdihi ‘adada kholqih, wa ridho nafsihi wa zinata ‘arsyihi, wa midaada kalimaatih


" Maha Suci Allah dan puji-pujian untukNya, sebanyak bilangan makhlukNya, sebanyak bilangan keridhaanNya, sebanyak timbangan ‘ArsyNya dan sebanyak tinta untuk menulis kalimatNya. "


Demikianlah Rasulullah ﷺ mengajarkan yang terbaik bagi keluarganya dan tidak ingin memberatkan istrinya. Tentu saja dzikir ini bisa diamalan oleh kaum muslimin dan muslimah tercinta.