Senin, 15 Mei 2017

Nasehat Ulama : Menjadi Khalifah di Muka Bumi



Bagiamana Jalan Keluar dari masalah di dunia saat ini? Perhatikan arahan dari Habib Ali mengenai itu, dan amalkan karena Kita semuanya bisa ikut ambil peran didalamnya.

Nasehat dari Ad-Da’i Ilallah Al-Habib Ali Bin Abdurrahman Al-Jufri :

Hamba yang sombong adalah sebab dari kerusakan yang terjadi di atas muka bumi ini. Bagaimana mungkin engkau berjalan menuju Allah SWT sedangkan engkau berbuat kerusakan di atas muka bumi, yang Allah amanahkan kepadamu agar engkau menjadi khalifah Allah di atasnya?


Sesungguhnya Aku hendak men­jadi­kan khalifah di muka bumi. QS Al-Baqarah : 30


Peliharalah bumi ini, dan jangan me­rusaknya.
Apa maknanya? Sesungguhnya sebagian besar dari segala kesulitan yang ada di muka bumi ini sumbernya adalah dari kesombongan (al-kibr).

Segala apa yang engkau lihat dan saksikan dari berbagai pertumpahan darah, perampasan hak orang lain, dan tindakan anarkis, penipuan, suap-me­nyuap, pencurian, pemutusan silatu­ra­him, kebencian dan tidak saling menya­pa, dan sebagainya, awalnya tidak lain adalah tunduknya jiwa terhadap kesom­bongan.

Dalam hal ini berarti kita sedang ber­bicara tentang sesuatu yang berkaitan de­ngan bagaimana menyelesaikan ber­bagai masalah yang melingkupi kita di dunia ini.Akan tetapi dari manakah dimulainya jalan keluar dari berbagai masalah yang ada di dunia ini ?

Jalan keluar dari semua masalah itu sesungguhnya tidaklah dapat dimulai dengan seseorang di antara kita mem­bu­sungkan dadanya, menghentakkan na­pasnya, dan memandang bahwa hanya dirinyalah orang shalih yang akan membenahi bumi ini dari kerusakan, se­kalipun itu dengan nama Islam.
Melain­kan hal itu dimulai dengan kembalinya setiap manusia kepada hatinya untuk membersihkannya dari segala penyakit yang ada di dalamnya.

Allahuma sholi 'ala sayidina muhammad nabiyil umiyi wa 'alihi wa shohbihi wa salim