10 Tips Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

BlogIslami.com, Bagi umat Muslim malam Lailatul Qadar sangat istimewa. Sebab bila kita melakukan amal kebaikan pada malam ganjil terakhir bulan Ramadan ini, maka seolah-olah kita telah melakukan ibadah selama 1.000 bulan atau 83 tahun.

Tentunya malam lailatul qadar ini bisa didapat dengan pikiran dan jiwa yang tenang serta kemurahan hati Anda untuk berniat tulus-pasrah pada Sang Pencipta.

Untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT di malam Lailatul Qadar, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda, seperti dikutip dari Ilmfeed :

1. Jangan menunda-nuda

Malam seribu bulan ini hanya datang setahun sekali, ada baiknya kita mulai mempersiapkan diri. Jauhi kemalasan, buang-buang waktu agar tidak menyesal kemudian.

2. Hafalkan doa khusus ini

Allahumma Innaka 'Afuwwun, Tuhibbul 'Afwa, Fa'fu 'Anni

(Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf, Sudilah Engkau memaafkan kami)

Anda harus membaca doa ini pada malam terakhir  Ramadan, seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

3. Terus berusaha

Hadits Riwayat Bukhari menyebutkan, "Siapa pun yang berdoa di malam Lailatul Qadar karena iman dan dengan harapan pahala, maka dosa-dosanya sebelumnya akan diampuni." [Al-Bukhari]

4. Siapkan daftar doa

Malam Lailatul Qadar sangat singkat, manfaatkan malam ini sebaik-baiknya dengan mendoakan diri sendiri, keluarga , dan saudara-saudara kita yang menderita di seluruh dunia. 

5. Cobalah tidur di siang hari

Sebelum berniat salat malam untuk mendapat malam Lailatul Qadar, sebaiknya Anda tidur di siang hari. Dengan begitu, Anda bisa bangun berenergi untuk ibadah, karena berniat tulus akan membawa berkah bagi hidup Anda.

6. Cobalah hindari akses internet

Berfokus pada ibadah murni. Ingat,Lailatul Qadar merupakan malam terbaik. Lepaskan diri dari akses Internet (jika tidak mendesak) dan menghubungkan diri kepada Allah (SWT). Jika Anda melakukan I'tikaaf (berdiam diri di masjid), tidurlah antara setelah shalat Zhuhur dan Ashar.

7. Perbanyak membaca Al-Quran

Perbanyak membaca Al-Quran, berdzikir dan berdoa selama Ramadan. Bahkan pada siang hari ketika Anda bekerja, usahakan lidah tetap mengingat Allah. SubhanAllah, wal Hamdulillaah, wa laa ilaaha illaAllah, wallahu Akbar. Selalu. Astaghfirullaah, Astaghfirullaah, Astaghfirullaah.

8. Motivasi diri sendiri

Akui diri sendiri, tanpa ada orang lain, kita tidak akan berhasil sejauh ini. Hal ini akan mendorong Anda terus melakukan hal baik dan memotivasi diri untuk berprestasi sebanyak mungkin.

9. Beramal shalih.

Jelang malam lailatul qadar , Anda bisa menyumbangkan sebagian harta yang dimiliki kepada orang yang membutuhkan. 

10. Memotivasi yang terdekat

Ajak keluarga, teman, dan tetangga setempat untuk menjalani sepuluh malam terakhir Ramadan ini dengan serius.

Bangunkan keluarga Anda, jika mungkin untuk beribadah kepada Allah SWT secara bersama-sama. Sesungguhnya Allah SWT tidak tidur dan dia melihat siapa yang berbuat baik pada malam lailatul qadar.

Semoga kita dipertemukan dengan malam lailatul qadar yang keutamaannya lebih baik dari pada beribadah 1000 bulan.