Ketua LD PBNU Ajak Muslim Moderat untuk Berdakwah Melalui Tulisan

Ketua LD PBNU KH Maman Imanul Haq


Banyak lulusan Pondok Pesantren yang menimba ilmu Agama Islam selama puluhan tahun, setelah menyelesaikan pendidikan Agama Islam tidak sedikit yang memilih untuk menjadi orang biasa, dalam arti alumni tersebut tidak terjun ke masyarakat menjadi pendidik agama karena ingin hidup damai dan tidak igin dijadikan sorotan masyarakat.

Alumni pondok pesantren golongan ini lebih memilih untuk berprofesi merintis usaha sendiri dan ingin mengamalkan ilmu yang dimilikinya dengan ikhlash tanpa dibebani oleh ucapan atau fatwa yang kurang tepat dan tentu semuanya akan dipertanggung jawabkan.

Dalam kondisi terpaksa, secara lebih amannya ia akan menjawab apabila ada pertanyaan yang diajukan kepadanya dengan mengutip pendapat para ulama yang lebih masyhur di zamannya yang sesuai dengan ajaran Rasulullah Sholallahu Alaihi Wa salam.

Melihat fenomena ini, Ketua Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) KH Maman Imanul Haq mengajak kepada nahdliyin dan kelompok-kelompok lain yang moderat untuk berdakwah dengan tulisan walaupun melalui media sosial.

"Kita sudah punya modal yang kuat, ilmunya, referensinya," kata Kiai Maman saat menjadi pembicara pada acara diskusi publik bulanan yang diadakan Majalah Risalah Nahdlatul Ulama di gedung PBNU, Jakarta Pusat, Kamis (12 /10) malam.

Ia mencontohkan sosok Gus Dur yang semasa hidupnya aktif menulis dan tulisannya dapat dipahami oleh pembaca.

"Gus Dur sudah memulai cara penulisan yang dipahami (pembaca)," kata kiai asal Majalengka ini.

Namun, untuk menjadi penulis yang baik, maka harus menjadi pembaca yang baik.

"Pertama jadilah pembaca yang baik, the reader of good, Kedua jadilah penulis yang baik," kata kiai yang menjadi Pengasuh Pesantren Al - Mizan, Majalengka.

Selain KH Maman Imanul Haq, hadir pembicara lain Katib Syuriyah PBNU KH Asrorun Niam Sholeh, Ketua NU Care-Lazisnu Syamsul Huda, Redaktur Senior Gatra H Asrori S Karni dan Ali Sobirin Lembaga Takmir Masjid (LTM PBNU)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketua LD PBNU Ajak Muslim Moderat untuk Berdakwah Melalui Tulisan"

Posting Komentar