Shalawat Al Alil Qodri

Blog Islami, Teks Arab Latin Shalawat Al-Alil Qadri beserta terjemahan artinya.

Shalawat merupakan salah satu amalan yang utama dan dianjurkan dalam Al Qur'an dan Hadits.

Rasulullah saw bersabda :

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ» رواه النسائي وأحمد وغيرهما وهو حديث صحيح

“Barangsiapa yang membaca sholawat kepadaku satu kali, maka Alloh akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan akan dihapuskan sepuluh kesalahan (dosa) baginya, serta akan ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)”
[HR. An-Nasa’i, Ahmad, Ibnu Hibban dan al-Hakim, dishahihkan oleh Ibnu Hibban rahimahullah, al-Hakim dan disepakati oleh adz-Dzahabi, juga oleh Ibnu hajar dalam “Fathul Baari”.

Banyak sekali jenis dan macam shalawat yang bisa diamalkan,salah satunya adalah shalawat yang berjudul Al Alil qodri (pangkat yang tinggi).

Shalawat al-aliy al-qadri memiliki keutamaan bagi yang istiqomah membacanya.

Kisah keutamaan sholawat al ali qadri juga memiliki keutamaan khusus seperti yang disampaikan oleh beberapa ulama terdahulu.

Fadhilah Keutamaan Shalawat Al ‘Aliy Al Qodri

Menurut para ulama ahli ma’rifat; sebaiknya bagi orang yang menginginkan mendapat derajat yang agung (Rasulullah hadir ketika jenazahnya di masukkan ke liang lahat), maka hendaklah ia mengamalkan shalawat al-‘Aly al Qodri setiap malam 10 kali dan setiap malam Jum’at 100 kali.

(Kitab Afdholus Sholawat : 142)

Al-Imam Asyekh Yusuf bin Islamil An-Nabhani mengatakan “Bahwasanya para ulama, para Auliya, Arifin mengatakan bahwasanya orang-orang yang rutin membaca Shalawat ali al-qadr maka mereka berharap bahwasanya Rasulullah  akan hadir pada saat ia meninggal dunia ketika ruh berada di tenggorokannya juga  Rasulullah akan hadir ketika jasadnya dimasukkan dalam liang kubur.

Dikatakan pula barangsiapa yang ingin mengharapkan keridhoan Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan derajat yang tinggi, hendaknya dia membaca shalawat al aliyyil qodri ini setiap hari 10 kali dan khususnya di malam Jumat sebanyak 100 kali.

Intinya adalah membaca sholawat itu memberikan manfaat yang besar bagi kita dunia dan akhirat.

Berikut adalah teks bacaan sholawat Al Alil Qadri dalam teks arab dan tulisan latin beserta arti terjemahan ke dalam bahasa Indonesianya agar lebih paham maknanya dari shalawat yang kita baca.

Teks Arab Shalawat Al-Alil Qodri

صلاة العالي القدر

صلاة العالي القدر

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الأُمِّيِّ الْحَبِيبِ الْعَالِي الْقَدْرِ الْعَظِيمِ الْجَاهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ


Tulisan Latin Shalawat Al-Aliyil Qodri

Shalawat Al Alil Qodri


Allohumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammadinin nabiyyil ummiyyil habiibil 'aalil qodril 'adziimil jaahi wa 'alaa aalihii wa shokhbihii wa sallim.

Arti Terjemahan :

Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Sayyidina Muhammad, Nabi yang ummi, kekasih yang luhur derajatnya, yang agung pangkatnya, dan shalawat dan salam semoga juga selalu tercurahkan kepada keluarga serta sahabatnya.

Itulah salah satu shalawat yang bisa menjadi amalan tambahan untuk dibaca sehari harinya.

Semoga Teks Bacaan Sholawat Al-Alil Qadri Arab Latin berikut artinya bisa bermanfaat bagi kita semuanya agar mendapat syafa'at Rasulullah .

Subscribe to receive free email updates: